PRAKTIK KEPERAWATAN DI
RUMAH BERDASAR PENGALAMAN
A.
Tujuan Pembelajaran Umum
Setelah
selesai mempelajari materi
pembelajaran yang diuraikan pada kegiatan belajar-1 ini, Anda diharapkan akan mampu memahami praktik
keperawatan di rumah berdasar pengalaman.
B.
Tujuan Pembelajaran
Khusus
Setelah
selesai mempelajari materi
pembelajaran ini, Anda diharapkan akan
dapat :
1.
Menjelaskan
pengertian praktik keperawatan di rumah berdasar pengalaman
2.
Menjelaskan
pengetahuan standart
3.
Menjelaskan
indikator pengetahuan standart
4.
Menjelaskan
indikator aplikasi pengetahuan standart
5.
Menjelaskan
pembuktian pengalaman
C.
Pokok – Pokok Materi
Adapun
pokok-pokok materi yang akan Anda pelajari pada kegiatan belajar-1 ini adalah:
1.
Pengertian
praktik keperawatan di rumah berdasar pengalaman
2.
Pengetahuan
standart
3.
Indikator
pengetahuan standart
4.
Indikator
aplikasi pengetahuan standart
5.
Pembuktian
pengalaman
D.
Uraian Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian
Pendekatan
metodologik untuk praktik klinik dimana pengalaman digunakan untuk menentukan
keputusan tentang pembuatan diagnosis (menginterpretasi suatu tes diagnostik) ;
memilih intervensi, atau mengevaluasi indikator prognostic. Pendekatan untuk
praktik kesehatan dimana tenaga kesehatan tersebut menyadari pentingnya dan
kekuatan pengalaman dalam praktek kliniknya. Pendekatan pembuatan keputusan
dimana tenaga kesehatan menggunakan cara berdasarkan pengalaman yang akan memberikan
hasil terbaik, dengan melihat keadaan pasien, sehingga dapat menentukan yang terbaik
dan sesuai untuk pasien.
Perawatan
kesehatan berdasarkan bukti pengalaman adalah kesatuan dari pengetahuan klinis
kita terhadap individu dengan bukti pengalaman klinis eksternal terbaik yg
tersedia, bernilai tinggi & sesuai harapan pasien. Termasuk juga
kesejahteraan hidup pasien, keinginan pasien dan pembelajaran berdasarkan
masalah yang timbul termasuk menggali hubungan antara alasan rasional klinis
& bukti pengalaman termasuk juga praktek.
2.
Pengetahuan
Standart
Tiap
perawat memilikinya, melalui pendidikan dasar, pembelajaran berkesinambungan,
pengetahuan relevan terhadap praktek profesionalnya.
3.
Indikator
Pengetahuan Standart
a.
Dilengkapi
dengan teori dan / rasional dari pengalaman pada semua keputusan yang dibuat
b.
Pemahaman
pengetahuan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kompleks klien
c.
Mengetahui
dimana / bagaimana mengakses sumber pembelajaran ketika dibutuhkan
d.
Mencari
dan membaca kembali penelitian keperawatan, ilmu kesehatan & bidang ilmu
yang berhubungan
e.
Menggunakan
penelitian untuk menginformasikan praktek / pelayanan professional
4.
Indikator
Aplikasi Pengetahuan Standart
Masing
– masing perawat meningkatkan secara berkesinambungan bagaimana mengaplikasikan
pengetahuan professional. Indikator
aplikasi pengetahuan standart:
a.
Membuat
praktek menjadi “pasti” adalah berdasarkan teori, bukti pengalaman &
memenuhi standart / panduan yang relevan
b.
Menggambarkan
situasi klien, menggunakan teori, kerangka kerja atau instrumen
c.
Mengatur
banyak intervensi keperawatan secara bersamaan
d.
Mengevaluasi
/ menggambarkan hasil dari spesifik intervensi & memodifikasi suatu rencana
/ pendekatan
e.
Menyatukan
hasil dari penelitian ke dalam pelayanan & praktek professional
5.
Pembuktian
Pengalaman
a.
Mendefinisikan
sebuah pertanyaan
-
Mengidentifikasi
pertanyaan ~ mencari & menelaah literatur ~ menyusun pertanyaan yang baik
b.
Mengumpulkan
bukti
c.
Menilai
secara kritis bukti - bukti untuk validitas dan kesesuaiannya
d.
Menyatukan
bukti dan faktor - faktor pasien
-
Membuat
dan menyampaikan keputusan
e.
Mengevaluasi
proses
-
Hasil
~ merupakan refleksi diri
E.
Rangkuman
Perawatan
kesehatan berdasarkan bukti pengalaman adalah kesatuan dari pengetahuan klinis
kita terhadap individu dengan bukti pengalaman klinis eksternal terbaik yg
tersedia, bernilai tinggi & sesuai harapan pasien. Tiap perawat
memilikinya, melalui pendidikan dasar, pembelajaran berkesinambungan,
pengetahuan relevan terhadap praktek profesionalnya. Masing
– masing perawat meningkatkan secara berkesinambungan bagaimana mengaplikasikan
pengetahuan professional.
F.
Tes Formatif
a.
Langkah
– langkah
Berikut
ini diberikan soal formatif, Anda diminta mengerjakan di lembar kertas
tersendiri (tidak didalam modul). Apabila semua soal tugas sudah selesai Anda
kerjakan, Anda dipersilahkan untuk melihat kunci jawaban dan membandingkan
jawaban Anda dengan jawaban yang ada dikunci jawaban.
Periksalah
hasil pekerjaan Anda.kemudian hitunglah jawaban Anda yang benar, gunakan rumus
yang ada pada bagian pendahuluan. Apabila Anda berhasil menyelesaikan
(menjawab) soal formatif dengan 80% benar, maka Anda diperkenankan untuk
melanjutkan mempelajari pembelajaran yang diuraikan pada kegiatan belajar
berikutnya.
b.
Soal
Formatif
Pilihlah salah satu jawaban yang saudara anggap paling benar :
1.
Apakah manfaat
suatu pengalaman dalam sebuah praktik klinik keperawatan ?
a)
Pendalaman
pengkajian
b)
Melengkapi analisa data
c)
Menentukan
diagnose
d)
Mengembangkan
implementasi
e)
Menyusun SOP
(standar operasional prosedur)
2.
Apa keuntungan
praktik perawat klinik yang memiliki pengalaman bagi pasien ?
a)
Dapat menjamin
kesejahteraan hidup pasien
b)
Tepat dalam
menangani masalah
c)
Memiliki
kemampuan lebih untuk menyembuhkan
d)
Pendapatan
meningkat
e)
Dapat
dipertanggungjawabkan
3.
Bagaimana cara
yang paling tepat untuk mendapatkan pengalaman praktik klinik keperawatan ?
a)
Menunggu
informasi yang diberikan oleh dosen/ petugas kesehatan
b)
Membeli
buku-buku yang disarankan selama perkuliahan
c)
Berlangganan
jurnal-jurnal kesehatan
d)
Membuat resume
kasus yang sedang dibutuhkan
e)
Mengkritisi
bukti pengalaman untuk menjawab pertanyaan yang muncul
4.
Penyataan
dibawah ini benar tentang pengetahuan standar seorang perawat, kecuali ?
a)
Tiap perawat
memiliki pengalaman praktik yang dapat dikritisi
b)
Bisa didapatkan
melalui pendidikan dasar
c)
Bisa dicapai
dengan pembelajaran yang berkesinambungan
d)
Merupakan
praktik yang relevan terhadap praktik profesionalnya
e)
Didasari oleh
insting dan kemampuan kognitif yang baik
5.
Dibawah ini
bukan termasuk indikator pengetahuan standar, yaitu ?
a)
Dilengkapi
dengan teori dan / rasional dari pengalaman pada semua keputusan yang dibuat
b)
Pemahaman
pengetahuan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kompleks klien
c)
Mengetahui
dimana / bagaimana mengakses sumber pembelajaran ketika dibutuhkan
d)
Mencari dan
membaca kembali penelitian keperawatan, ilmu kesehatan dan bidang ilmu yang
berhubungan
e)
Penelitian
tidak dibutuhkan jika sudah ada teori yang menunjang
6.
Terdapat 5
langkah praktik pembuktian pengalaman, di bawah ini manakah bagian yang berisi
hasil dan dapat digunakan untuk merefleksikan diri ?
a)
Mendefinisikan
sebuah pertanyaan
b)
Mengumpulkan
bukti
c)
Menilai secara
kritis bukti-bukti untuk validitas dan kesesuaiannya
d)
Menyatukan
bukti dan faktor-faktor pasien
e)
Mengevaluasi
proses
7.
Ada 4 elemen
yang harus ditanyakan sebagai pertanyaan klinis dibawah ini, kecuali ?
a)
Pasien
b)
Intervensi
c)
Indikasi
d)
Pembanding
e)
Hasil
8.
Dibawah ini
yang tidak termasuk didalam bukti pyramid yaitu ?
a)
Fakta
b)
Penelitian
blind ganda acak terkontrol
c)
Penelitian
kontrol teracak
d)
Penelitian case
kontrol
e)
Studi kasus
9.
Faktor yang
mempengaruhi model-model sumber berdasarkan bukti, kecuali ?
a)
Kegunaan/
manfaat
b)
Kesesuaian
c)
Keakuratan
d)
Waktu
e)
Kerja
10.
Siapakah pihak
yang merupakan sumber paling penting dalam homecare ?
a)
Individu
b)
Keluarga
c)
Kelompok
d)
Masyarakat
e)
Petugas
kesehatan
G.
Tugas Mandiri
a.
Lakukan
wawancara kepada perawat yang pernah melakukan homecare!
b.
Buat
ringkasan pengalaman tersebut, kemudian kumpulkan!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar