Kamis, 07 Januari 2016

PERAWATAN KLIEN DENGAN TERAPI INFUS DI RUMAH



PERAWATAN KLIEN DENGAN TERAPI INFUS DI RUMAH

A.      Tujuan Pembelajaran Umum
Setelah selesai mempelajari materi pembelajaran yang diuraikan pada kegiatan belajar-11 ini, Anda  diharapkan akan mampu memahami perawatan klien dengan terapi infus di rumah.

B.       Tujuan Pembelajaran Khusus
Setelah selesai mempelajari materi pembelajaran ini, Anda  diharapkan akan dapat:
1.         Menjelaskan Pengertian Terapi Intravena
2.         Menjelaskan Tujuan Pemberian Terapi Intravena
3.         Menjelaskan Vena Tempat Pemasangan Infus
4.         Menjelaskan Cara Pemilihan Daerah Insersi Pemasangan Infus
5.         Menjelaskan Indikasi dan Kontraindikasi Pemberian Terapi Intravena
6.         Menjelaskan Tipe – Tipe Cairan Intravena
7.         Menjelaskan Komposisi Cairan Terapi Intravena
8.         Menjelaskan Menentukan kecepatan cairan Intravena (Infus)
9.         Menjelaskan Hal-hal yang harus diperhatikan terhadap Tipe-tipe Infus
10.     Menjelaskan Tipe-tipe Pemberian Terapi Intravena (Infus)
11.     Menjelaskan Komplikasi Terapi Intravena (Infus)

C.      Pokok – Pokok Materi
Adapun pokok-pokok materi yang akan Anda pelajari pada kegiatan belajar-11 ini adalah:
1.         Pengertian Terapi Intravena
2.         Tujuan Pemberian Terapi Intravena
3.         Vena Tempat Pemasangan Infus
4.         Cara Pemilihan Daerah Insersi Pemasangan Infus
5.         Indikasi dan Kontraindikasi Pemberian Terapi Intravena
6.         Tipe – Tipe Cairan Intravena
7.         Komposisi Cairan Terapi Intravena
8.         Menentukan kecepatan cairan Intravena (Infus)
9.         Hal-hal yang harus diperhatikan terhadap Tipe-tipe Infus
10.     Tipe-tipe Pemberian Terapi Intravena (Infus)
11.     Komplikasi Terapi Intravena (Infus)

D.      Uraian Materi Pembelajaran
1.         Pengertian Terapi Intravena
Terapi Intravena (IV) adalah menempatkan cairan steril melalui jarum, langsung ke vena pasien. Biasanya cairan steril mengandung elektrolit (natrium, kalsium, kalium), nutrient (biasanya glukosa), vitamin atau obat (Brunner & Sudarth, 2002).
Terapi intravena adalah pemberian sejumlah cairan ke dalam tubuh, melalui sebuah jarum, ke dalam pembuluh vena (pembuluh balik) untuk menggantikan kehilangan cairan atau zat-zat makanan dari tubuh (Darmadi,2010).
Terapi intravena (IV) digunakan untuk memberikan cairan ketika pasien tidak dapat menelan, tidak sadar, dehidrasi atau syok, untuk memberikan garam yang dirperlukan untuk mempertahankan keseimbangan elektrolit, atau glukosa yang diperlukan untuk metabolisme dan memberikan medikasi (Perry & Potter, 2006).
2.         Tujuan Pemberian Terapi Intravena
Memberikan atau menggantikan cairan tubuh yang mengandung air, elektrolit,vitamin, protein, lemak, dan kalori, yang tidak dapat dipertahankan secara adekuat melalui oral, memperbaiki keseimbangan asam-basa, memperbaiki volume komponen-komponen darah, memberikan jalan masuk untuk pemberian obat-obatan kedalam tubuh, memonitor tekanan vena sentral (CVP), memberikan nutrisi pada saat sistem pencernaan mengalami gangguan (Perry & Potter, 2006).
3.         Vena Tempat Pemasangan Infus
Menurut Perry & Potter (2006) vena-vena tempat pemasangan infus: Vena Metakarpal, vena sefalika, vena basilica, vena sefalika mediana, vena basilika mediana, vena antebrakial mediana.
4.         Cara Pemilihan Daerah Insersi Pemasangan Infus
Menurut Perry&Potter (2006) banyak tempat bisa digunakan untuk terapi intravena, tetapi kemudahan akses dan potensi bahaya berbeda di antara tempat-tempat ini. Pertimbangan perawat dalam memilih vena adalah sebagai berikut: Usia klien (usia dewasa biasanya menggunakan vena di lengan, sedangkan infant biasanya menggunakan vena di kepala dan kaki), lamanya pemasangan infus (terapi jangka panjang memerlukan pengukuran untuk memelihara vena), type larutan yang akan diberikan, kondisi vena klien, kontraindikasi vena-vena tertentu yang tidak boleh dipungsi, aktivitas pasien (misal bergerak, tidak bergerak, perubahan tingkat kesadaran, gelisah), terapi IV sebelumnya (flebitis sebelumnya membuat vena menjadi tidak baik untuk digunakan), tempat insersi/pungsi vena yang umum digunakan adalah tangan dan lengan. Namun vena-vena superfisial di kaki dapat digunakan jika klien dalam kondisi tidak memungkinkan dipasang di daerah tangan. Apabila memungkinkan, semua klien sebaiknya menggunakan ekstremitas yang tidak dominan.
5.         Indikasi dan Kontraindikasi Pemberian Terapi Intravena
Menurut Perry & Potter (2006) indikasi pada pemberian terapi intravena: pada seseorang dengan penyakit berat, pemberian obat melalui intravena langsung masuk ke dalam jalur peredaran darah. Misalnya pada kasus infeksi bakteri dalam peredaran darah (sepsis). Sehingga memberikan keuntungan lebih dibandingkan memberikan obat oral. Namun sering terjadi, meskipun pemberian antibiotika intravena hanya diindikasikan pada infeksi serius, rumah sakit memberikan antibiotika jenis ini tanpa melihat derajat infeksi. Antibiotika oral (dimakan biasa melalui mulut) pada kebanyakan pasien dirawat di rumah sakit dengan infeksi bakteri, sama efektifnya dengan antibiotika intravena, dan lebih menguntungkan dari segi kemudahan administrasi rumah sakit, biaya perawatan, dan lamanya perawatan.
Obat tersebut memiliki bioavailabilitas oral (efektivitas dalam darah jika dimasukkan melalui mulut) yang terbatas. Atau hanya tersedia dalam sediaan intravena (sebagai obat suntik). Misalnya antibiotika golongan aminoglikosida yang susunanpolicationskimiawi”dan yasangat“ polar, seh diserap melalui jalur gastrointestinal (di usus hingga sampai masuk ke dalam darah). Maka harus dimasukkan ke dalam pembuluh darah langsung.
Pasien tidak dapat minum obat karena muntah, atau memang tidak dapat menelan obat (ada sumbatan di saluran cerna atas). Pada keadaan seperti ini, perlu dipertimbangkan pemberian melalui jalur lain seperti rektal (anus), sublingual (di bawah lidah), subkutan (di bawah kulit), dan intramuskular (disuntikkan di otot). Kesadaran menurun dan berisiko terjadi aspirasi (tersedakobat masuk ke pernapasan), sehingga pemberian melalui jalur lain dipertimbangkan.
Kadar puncak obat dalam darah perlu segera dicapai, sehingga diberikan melalui injeksi bolus (suntikan langsung ke pembuluh balik/vena). Peningkatan cepat konsentrasi obat dalam darah tercapai, misalnya pada orang yang mengalami hipoglikemia berat dan mengancam nyawa, pada penderita diabetes mellitus. Alasan ini juga sering digunakan untuk pemberian antibiotika melalui infus/suntikan, namun perlu diingat bahwa banyak antibiotika memiliki bioavalaibilitas oral yang baik, dan mampu mencapai kadar adekuat dalam darah untuk membunuh bakteri.
Menurut Darmadi (2008) kontraindikasi pada pemberian terapi intravena: Inflamasi (bengkak, nyeri, demam) dan infeksi di lokasi pemasangan infus. Daerah lengan bawah pada pasien gagal ginjal, karena lokasi ini akan digunakan untuk pemasangan fistula arteri-vena (A-V shunt) pada tindakan hemodialisis (cuci darah). Obat-obatan yang berpotensi iritan terhadap pembuluh vena kecil yang aliran darahnya lambat (misalnya pembuluh vena di tungkai dan kaki).
6.         Tipe – Tipe Cairan Intravena
Cairan hipotonik: osmolaritasnya lebih rendah dibandingkan serum (konsentrasi ion Na+ lebih rendah dibandingkan serum), sehingga larut dalam serum, dan menurunkan osmolaritas serum. Maka cairan “ditarik” dari dal keluar ke jaringan sekitarnya (prinsip cairan berpindah dari osmolaritas rendah keosmolaritas tinggi), sampai akhirnya mengisi sel-sel yang dituju. Digunakan pada  keadaan    sel    “mengalami”alnya pada pasien dehidrasi, cucidarah   (dialysis) dalam terapi diuretik, juga pada pasien hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) dengan ketoasidosis diabetik. Komplikasi yang membahayakan adalah perpindahan tiba-tiba cairan dari dalam pembuluh darah ke sel, menyebabkan kolaps kardiovaskular dan peningkatan tekanan intrakranial (dalam otak) pada beberapa orang.Contohnya adalah NaCl 45% dan Dekstrosa 2,5%.
Cairan Isotonik: osmolaritas (tingkat kepekatan) cairannya mendekati serum (bagiancair dari komponen darah), sehingga terus berada di osmolaritas (tingkat kepekatan) cairannya mendekati serum (bagiancair dari komponen darah), sehingga terus berada di dalam pembuluh darah. Bermanfaat pada pasien yang mengalami hipovolemi (kekurangan cairan tubuh, sehingga tekanan darah terus menurun). Memiliki risiko terjadinya overload (kelebihan cairan), khususnya pada penyakit gagal jantung kongestif dan hipertensi. Contohnya adalah cairan Ringer-Laktat (RL), dan normalsaline/larutan garam fisiologis (NaCl 0,9%).
Cairan  hipertonik:  osmolaritasnya  lebih  tinggi  dibandingkan  serum,  sehingga “menarik” cairan dari jaringan dan sel elektrolit ke dalam pembuluh darah. Mampu menstabilkan tekanan darah, meningkatkan produksi urin, dan mengurangi edema (bengkak). Penggunaannya kontradiktif dengan cairan Hipotonik. Misalnya Dextrose 5%, NaCl 45% hipertonik, Dextrose 5%+Ringer-Lactate, Dextrose 5%+NaCl 0,9%, produk darah (darah), dan albumin. (Perry & Potter, 2006).


Pembagian cairan lain adalah berdasarkan kelompoknya:
a)        Cairan Kristaloid : bersifat isotonik, maka efektif dalam mengisi sejumlah volume cairan (volume expanders) ke dalam pembuluh darah dalam waktu yang  singkat,  dan  berguna  pada  pasien  yang  memerlukan  cairan  segera. Misalnya Ringer-Laktat dan garam fisiologis.
b)        Cairan Koloid : ukuran molekulnya (biasanya protein) cukup besar sehingga tidak akan keluar dari membrane kapiler, dan tetap berada dalam pembuluh darah, maka sifatnya hipertonik, dan dapat menarik cairan dari luar pembuluh darah. Contohnya adalah albumin dan steroid (Perry & Potter, 2006).
7.         Komposisi Cairan Terapi Intravena
Larutan Nacl (berisi air dan elektrolit (Na+, cl-), Larutan dextrose (berisi air atau garam dan kalori), Ringer laktat, berisi air (Na+, K+, cl-, ca++, laktat), Balans isotonic berisi (air, elektrolit, kalori ( Na+, K+, Mg++, cl-, HCO, glukonat), Whole blood (darah lengkap) dan komponen darah, Plasma expanders (berisi albumin, dextran, fraksi protein plasma 5%, hespan yang dapat meningkatkan tekanan osmotic, menarik cairan dari intertisiall, kedalam sirkulasi dan meningkatkan volume darah sementara), Hiperelimentasi parenteral (berisi cairan, elektrolit, asam amino, dan kalori) (Smeltzer & Bare, 2002).
8.         Menentukan kecepatan cairan Intravena (Infus)
Pertama atur kecepatan tetesan pada tabung IV. Tabung makrodrip dapat meneteskan 10 atau 15 tetes per 1 ml. Tabung mikrodrip meneteskan 60 tetes per 1 ml. Jumlah tetesan yang diperlukan untuk 1 ml disebut faktor tetes.
Atur jumlah mililiter cairan yang akan diberikan dengan jumlah total cairan yang akan diberikan dengan jumlah jam infus yang berlangsung. Kemudian kalikan hasil tersebut dengan faktor tetes. Untuk menentukan berapa banyak tetesan yang akan diberikan permenit, bagi dengan 60. Hitung jumlah tetesan permenit yang akan diinfuskan. Jika kecepatan alirannya tidak tepat, sesuaikan dengan kecepatan tetesan (Smeltzer & Bare, 2002).
9.         Hal-hal yang harus diperhatikan terhadap Tipe-tipe Infus
Dextrose 5% in water (D 5 W) digunakan untuk menggantikan air (cairan hipotonik) yang hilang, memberikan suplai kalori, juga dapat dibarengi dengan pemberian obat-obatan atau berfungsi untuk mempertahankan vena dalam keadaan terbuka dengan infus tersebut. Hati-hati terhadap terjadinya intoksikasi cairan (hiponatremia, sindroma pelepasan hormon antidiuretik yang tidak semestinya). Jangan digunakan dalam waktu yang bersamaan dengan pemberian transfusi (darah atau komponen darah).
Natrium Clorida (Nacl) 0,9% digunakan untuk menggantikan garam (cairan isotonik) yang hilang, diberikan dengan komponen darah, atau untuk pasien dalam kondisi syok hemodinamik. Hati-hati terhadap kelebihan volume isotonik (misalnya: gagal jantung dan gagal ginjal).
Ringer laktat digunakan untuk menggantikan cairan isotonik yang hilang, elektrolit tertentu, dan untuk mengatasi asidosis metabolik tingkat sedang. (Perry & Potter, 2006).
10.     Tipe-tipe Pemberian Terapi Intravena (Infus)
Intravena (IV) push (IV bolus), adalah memberikan obat dari jarum suntik secara langsung kedalam saluran/jalan infus.
Indikasi: pada keadaan emergency resusitasi jantung paru, memungkinkan pemberian obat langsung kedalam intravena, Untuk mendapat respon yang cepat terhadap pemberian obat (furosemid dan digoksin), Untuk memasukkan dosis obat dalam jumlah besar secara terus menerus melalui infus (lidocain, xilocain), Untuk menurunkan ketidaknyamanan pasien dengan mengurangi kebutuhan akan injeksi, Untuk mencegah masalah yang mungkin timbul apabila beberapa obat yang dicampur.
Continous Infusion (infus berlanjut) dapat diberikan secara tradisional melalui cairan yang digantung, dengan atau tanpa pengatur kecepatan aliran. Infus melalui intravena, intra arteri, dan intra thecal (spinal) dapat dilengkapi dengan menggunakan pompa khusus yang ditanam maupun eksternal. Hal yang perlu dipertimbangkan yatu:
Keuntungan: mampu untuk mengimpus cairan dalam jumlah besar dan kecil dengan akurat, adanya alarm menandakan adanya masalah seperti adanya udara di selang infus atau adanya penyumbatan, mengurangi waktu perawatan untuk memastikan kecepatan aliran infus. Kerugian: memerlukan selang yang khusus dan biaya lebih mahal
Intermitten  Infusion  (Infus  Sementara)  dapat  diberikan  melalui  heparin  lock,“piggy bag” untuk infus yang kontiniu, atau u perangkat infus. (Perry & Potter, 2006)
11.     Komplikasi Terapi Intravena (Infus)
Menurut   Darmadi   (2010)   beberapa komplikasi   yang dapat terjadi dalam pemasangan infuse: hematoma, yakni darah mengumpul dalam jaringan tubuh akibat pecahnya pembuluh darah arteri vena, atau kapiler, terjadi akibat penekanan yang kurang tepat saat memasukkan jarum, at pada pembuluh darah. Infiltrasi, yakni masuknya cairan infus ke dalam jaringan sekitar (bukan pembuluh darah), terjadi akibat ujung jarum infus melewati pembuluh darah. Plebitis, atau bengkak (inflamasi) pada pembuluh vena, terjadi akibat infus yang dipasang tidak dipantau secara ketat dan benar Emboli udara, yakni masuknya udara ke dalam sirkulasi darah, terjadi akibat masuknya udara yang ada dalam cairan infus ke dalam pembuluh darah, rasa perih/sakit dan reaksi alergi.

E.       Rangkuman
Terapi intravena adalah pemberian sejumlah cairan ke dalam tubuh, melalui sebuah jarum, ke dalam pembuluh vena (pembuluh balik) untuk menggantikan kehilangan cairan atau zat-zat makanan dari tubuh
Memberikan atau menggantikan cairan tubuh yang mengandung air, elektrolit,vitamin, protein, lemak, dan kalori, yang tidak dapat dipertahankan secara adekuat melalui oral, memperbaiki keseimbangan asam-basa, memperbaiki volume komponen-komponen darah, memberikan jalan masuk untuk pemberian obat-obatan kedalam tubuh, memonitor tekanan vena sentral (CVP), memberikan nutrisi pada saat sistem pencernaan mengalami gangguan
vena-vena tempat pemasangan infus: Vena Metakarpal, vena sefalika, vena basilica, vena sefalika mediana, vena basilika mediana, vena antebrakial mediana.
banyak tempat bisa digunakan untuk terapi intravena, tetapi kemudahan akses dan potensi bahaya berbeda di antara tempat-tempat ini. Pertimbangan perawat dalam memilih vena adalah sebagai berikut: Usia klien (usia dewasa biasanya menggunakan vena di lengan, sedangkan infant biasanya menggunakan vena di kepala dan kaki), lamanya pemasangan infus (terapi jangka panjang memerlukan pengukuran untuk memelihara vena), type larutan yang akan diberikan, kondisi vena klien, kontraindikasi vena-vena tertentu yang tidak boleh dipungsi, aktivitas pasien (misal bergerak, tidak bergerak, perubahan tingkat kesadaran, gelisah), terapi IV sebelumnya (flebitis sebelumnya membuat vena menjadi tidak baik untuk digunakan), tempat insersi/pungsi vena yang umum digunakan adalah tangan dan lengan.
F.       Tes Formatif
a.         Langkah – langkah
Berikut ini diberikan soal formatif, Anda diminta mengerjakan di lembar kertas tersendiri (tidak didalam modul). Apabila semua soal tugas sudah selesai Anda kerjakan, Anda dipersilahkan untuk melihat kunci jawaban dan membandingkan jawaban Anda dengan jawaban yang ada dikunci jawaban.
Periksalah hasil pekerjaan Anda.kemudian hitunglah jawaban Anda yang benar, gunakan rumus yang ada pada bagian pendahuluan. Apabila Anda berhasil menyelesaikan (menjawab) soal formatif dengan 80% benar, maka Anda diperkenankan untuk melanjutkan mempelajari pembelajaran yang diuraikan pada kegiatan belajar berikutnya.
b.         Soal Formatif
Ny. S diare sejak dua hari yang lalu dan tidak berhenti-berhenti. Karena diare berlangsung secara terus menerus ahirnya Ny. S sinchope. Kondisi rumah Ny. S yang berada di pedalaman dan jauh dari fasilitas kesehatan menyebabkan keluarga klien tidak membawa klien ke tempat yankes akan tetapi memanggil seorang perawat homecare. Saat dilakukan pengkajian, didapatkan data bahwa turgor kulit menurun, mata cekung, mukosa bibir kering, kehilangan cairan kurang lebih 2 liter karena diare selama 2 hari, dan pasien tampak lemah.
1.        Sesuai dengan ilustrasi kasus diatas, permasalahan yang terjadi pada Ny. S adalah………..
a.         Dehidrasi ringan
b.         Dehidrasi sedang
c.         Dehidrasi berat
d.        Overhidrasi
e.         Hipervolume
2.        Salah satu terapi yang bisa dilakukan pada Ny. S adalah dengan mempertahankan keseimbangan cairan. Berdasarkan kondisi pasien diatas, berapakah total output jika ditambahkan dengan IWL (kondisi normal 400 ml) dan urine sebanyak 300 cc ?
a.         2.300 cc
b.         2.400 cc
c.         2.500 cc
d.        2.600 cc
e.         2.700 cc
3.        Jika total kebutuhan cairan Ny. S adalah 1000 cc dengan faktor tetes 20, berapa tetes permenit cairan tersebut harus diberikan kepada Ny. S ?
a.         14 tpm
b.         14 tpm 12 jam pertama, dan 7 tpm 12 jam berikutnya
c.         14 tpm 8 jam pertama, dan 7 tpm 16 jam berikutnya
d.        7 tpm 12 jam pertama, dan 14 tpm 16 jam berikutnya
e.         21 tpm 8 jam pertama, dan 10 tpm 16 jam berikutnya
4.        Jika total kebutuhan cairan Ny. S adalah 1000 cc dan harus diberikan dalam waktu 12 jam dengan faktor tetes 20, berapa tetes permenit cairan tersebut harus diberikan kepada Ny. S ?
a.         7 tpm
b.        14 tpm
c.         21 tpm
d.        28 tpm
e.         35 tpm
5.        Jika Ny. S mendapatkan terapi cairan dengan kecepatan 21 tpm selama 12 jam, berapa jumlah cairan yang diterima oleh Ny. S ?
a.         250 cc
b.        500 cc
c.         750 cc
d.        1000 cc
e.         1250 cc

G.      Tugas Mandiri
Jelaskan apa yang harus dilakukan perawat homecare kepada pasien dengan terapi infuse di rumah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar