RANCANGAN
PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata Kuliah :
Home Care (Perawatan di Rumah) 1
Beban Studi : 2
SKS (100 Menit/ TM)
PJMK :
Anin Wijayanti, S.Kep.,Ns.
Fasilitator :
Anin Wijayanti, S. Kep.,Ns.
Muarrofah, S. Kep.,Ns.
A. Deskripsi Mata Kuliah
Home Care merupakan suatu
pemberian pelayanan keperawatan di rumah dalam membantu memenuhi
kebutuhan fisik sehari-hari, kebutuhan psikologis, kebutuhan sosial dan kebutuhan spiritual dengan menekankan pada
proses adaptasi sehingga klien dapat merawat dirinya dan mampu menggunakan
koping yang efektif. Peran perawat dalam hal ini diantaranya, sebagai koordinator dalam
pelayanan dan manajer kasus serta terlibat sejak rencana klien pulang atau
discharge planning, lalu sebagai pendidik, advocat, manajer kasus dan support
system bagi kilen dan keluarga.
Mata kuliah pilihan ini diberikan sebagai upaya meningkatkan
pengetahuan, wawasan dan ketrampilan dalam bidang keperawatan home care
bagi mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan STIKES ICME Jombang, terutama tentang
praktek mandiri
perawat melalui entrepreneurship in home care. Diharapkan dengan
adanya Mata kuliah tersebut akan semakin membuka wawasan mahasiswa tentang
begitu luasnya kesempatan bagi para lulusan perawat untuk bisa membuka
praktek mandiri dan bekerja sama dengan profesi kesehatan lain melalui praktek
home care. Hal ini mengingat 75% pasien berada di rumah dan sementara
jumlah lembaga pemberi service home care saat ini masih sangat sedikit.
Hal ini menjadikan home care sebagai peluang bisnis yang sangat prospektif bagi
perawat untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.
B. Tujuan Mata Kuliah
Setelah mengikuti proses pembelajaran keperawatan homecare mahasiswa S1
Keperawatan:
1.
Memiliki kemampuan dalam mengarahkan, menginisiasi, dan
melaksanakan rencana asuhan keperawatan profesional di rumah sesuai kompetensi
dan kewenangan dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan dan menjadikan
etika profesi sebagai tuntunan dalam melakukan praktik profesional (Care provider).
2.
Memiliki kemampuan berkreasi dalam berkarya untuk suatu
perubahan di komunitas dan di rumah dalam upaya meningkatkan kesehatan
masyarakat melalui kegiatan keperawatan dengan penekanan pada upaya health promotion dan health prevention (Community leader).
3.
Memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dalam
memberikan pendidikan kesehatan kepada klien (individu, keluarga, masyarakat
dan komunitas) dan tenaga keperawatan dibawah tanggung jawabnya (Educator).
4.
Memiliki kemampuan mewujudkan pelayanan primer sebagai
mekanisme utama dan melakukan penataan praktik mandiri keperawatan melalui
pengenalan praktik keperawatan profesional dekat dan terjangkau masyarakat (Manager).
a.
Memiliki kemampuan untuk menentukan kebutuhan asuhan
keperawatan di rumah
b.
Memiliki kemampuan dalam mengelola untuk memenuhi
kebutuhan asuhan klien
c.
Memiliki kemampuan dalam mengevaluasi hasil asuhan
keperawatan homecare
5.
Memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian sederhana
dengan mengidentifikasi bentuk dan sebab tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia, melalui analisis yang mendasar tentang hal-hal yang melatarbelakangi dan
menganalisis berbagai upaya untuk mencapai kebutuhan dasar tersebut (Researcher).
C. Bahan Kajian
1.
Pengenalan homecare
2.
Standart praktik
keperawatan di rumah
3.
Standart professional
perfomance
4.
Kompetensi perawat
homecare
5.
Perawatan klien palliative
care di rumah
6.
Perawatan klien dengan
kasus medikal bedah di rumah
7.
Perawatan klien kasus
maternitas dan anak di rumah
8.
Perawatan klien kasus
gawat darurat di rumah
9.
Perawatan klien kasus
kejiwaan di rumah
10.
Perawatan klien usia
lanjut di rumah
11.
Perawatan kasus gangguan
kesehatan keluarga dan masalah kesehatan komunitas di rumah
12.
Hambatan dan tantangan
praktik keperawatan di rumah di Indonesia
D. Kompetensi Mata Kuliah
1.
Kemampuan memahami
pengenalan homecare
2.
Kemampuan memahami standart praktik keperawatan di rumah
3.
Kemampuan memahami standart professional perfomance
4.
Kemampuan memahami kompetensi perawat homecare
5.
Kemampuan memahami perawatan klien palliative care di
rumah
6.
Kemampuan memahami perawatan klien dengan kasus medikal
bedah di rumah
7.
Kemampuan memahami perawatan klien kasus maternitas dan
anak di rumah
8.
Kemampuan memahami perawatan klien kasus gawat darurat di
rumah
9.
Kemampuan memahami perawatan klien kasus kejiwaan di
rumah
10. Kemampuan memahami perawatan klien usia lanjut
di rumah
11. Kemampuan memahami perawatan kasus gangguan
kesehatan keluarga dan masalah kesehatan komunitas di rumah
12. Kemampuan memahami hambatan dan tantangan praktik
keperawatan di rumah di indonesia
E.
Daftar
Pustaka
1.
Ali, Zainidin, H. 2001.Dasar-dasar
Keperawatan Profesional.jakarta: Widya Medika
2.
Maryam, dkk. (2008). Mengenal Usia Lanjut
dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika
3.
Nugroho Wahjudi H. (2008). Keperawatan
Gerontik & Geriatrik. Edisi 3. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.
4.
Potter & Perry. 2005. Buku Ajar Fundamental
Keperawatan. Jakarta: EGC.
5.
Setyowati Sri dkk, 2008, Asuhan Keperawatan
Keluarga Konsep Dan Aplikas kasus, Edisi Revisi, Mitra Cendikiaa, jogyakarta
6.
Smith, C.M & Maurer, F.A. (2000). Community
Health Nursing: Theory and Practice. Philadelphia: W.B. Saunders Company.
7.
Sumijatu dkk, 2005, Konsep Dasar Keperawatn
Komunitas, EGC, Jakarta
8.
Syamsudin, 2005. Makalah Seminar Alternatif
Model Keperawatan Home Health Care. Akper Karya Bakti Nusantara Magelang :
Magelang.
Depkes. (2003). Pedoman Perawatan Usia Lanjut di Rumah. Jakarta: Depkes RI.
Depkes. (2003). Pedoman Perawatan Usia Lanjut di Rumah. Jakarta: Depkes RI.
9.
Zang, S.M & Bailey, N.C. Alih Bahasa
Komalasari, R. (2004). Manual Perawatan dirumah (Home Care Manual) Edisi
Terjemahan Cetakan I. Jakarta: EGC
10.
Zang, S.M & Bailey, N.C. Alih Bahasa
Komalasari, R. (2004). Manual Perawatan di rumah (Home Care Manual) Edisi
Terjemahan Cetakan I. Jakarta: EGC
RANCANGAN PEMBELAJARAN
Minggu
|
Kompetensi Yang
Diharapkan
|
Materi Pembelajaran
|
Bentuk Pembelajaran
|
Kriteria Penilaian
|
Fasilitator
|
Bobot Nilai (%)
|
1
|
Pengenalan RPP
|
Penjelasan RPP
|
Diskusi
|
-
|
Anin Wijayanti
|
-
|
Kemampuan memahami pengenalan homecare
|
Home care :
a.
Tujuan dan objective home care
b.
Jenis-jenis home care
c.
Cakupan home care
|
Review, small group discussion
|
Ketepatan analisis; daya tarik,
komunikasi; critical thinking
|
Anin Wijayanti
|
5%
|
|
2
|
Kemampuan
memahami standart
praktik keperawatan di rumah
|
Standar praktik keperawatan di
rumah :
a.
Pengkajian
b.
Diagnosis
c.
Perencanaan
d.
Implementasi
e.
Evaluasi
|
Case study
|
Ketepatan analisis; daya tarik,
komunikasi; critical thinking
|
Anin Wijayanti
|
5%
|
3
|
Kemampuan memahami standart professional perfomance
|
Standard professional performance
:
a.
Kualitas pelayanan
b.
Persiapan pendidikan
c.
Kolaborasi
d.
Ethics
|
Cooperative learning
|
Kebenaran/ keberhasilan model; kreativitas; daya tarik
dan komunikasi
|
Anin Wijayanti
|
5%
|
4
|
Kemampuan
memahami kompetensi perawat homecare
|
Kompetensi perawat home
care:
a.
Kognitif
b.
Psikomotor
c.
Afektif
d.
Keefektifan dan efisiensi
|
Discovery learning
|
Ketepatan analisis; daya tarik;
komunikasi; kreativitas
|
Anin Wijayanti
|
5%
|
5
|
Kemampuan
memahami perawatan klien palliative care di rumah
|
Perawatan pasien palliative care di rumah
|
Discovery learning
|
Ketepatan analisis; daya tarik;
komunikasi; kreativitas
|
Anin Wijayanti
|
5%
|
6
|
Kemampuan
memahami perawatan klien dengan kasus medikal bedah di rumah
|
Perawatan bagi pasien dengan kasus medical bedah di rumah
|
Discovery learning
|
Ketepatan analisis; daya tarik;
komunikasi; kreativitas
|
Anin Wijayanti
|
5%
|
7
|
UTS
|
20%
|
||||
8
|
Kemampuan
memahami perawatan klien kasus maternitas dan anak di rumah
|
Perawatan bagi pasien dengan kasus maternitas dan anak di rumah
|
Discovery learning
|
Ketepatan analisis; daya tarik;
komunikasi; kreativitas
|
Muarrofah
|
5%
|
9
|
Kemampuan
memahami perawatan klien kasus gawat darurat di rumah
|
Perawatan bagi pasien dengan kasus gawat darurat di rumah
|
Discovery learning
|
Ketepatan analisis; daya tarik;
komunikasi; kreativitas
|
Muarrofah
|
5%
|
10
|
Kemampuan
memahami perawatan klien kasus kejiwaan di rumah
|
Perawatan bagi pasien dengan kasus penyakit kejiwaan di rumah
|
Discovery learning
|
Ketepatan analisis; daya tarik;
komunikasi; kreativitas
|
Muarrofah
|
5%
|
11
|
Kemampuan
memahami perawatan klien usia lanjut di rumah
|
Perawatan bagi pasien usia lanjut di rumah
|
Discovery learning
|
Ketepatan analisis; daya tarik;
komunikasi; kreativitas
|
Muarrofah
|
5%
|
12
|
Kemampuan
memahami perawatan kasus gangguan kesehatan keluarga dan masalah kesehatan
komunitas di rumah
|
Perawatan bagi pasien dengan kasus
gangguan kesehatan keluarga dan masalah kesehatan komunitas di rumah
|
Discovery learning
|
Ketepatan analisis; daya tarik;
komunikasi; kreativitas
|
Muarrofah
|
5%
|
13
|
Kemampuan
memahami hambatan dan tantangan praktik keperawatan di rumah di indonesia
|
Hambatan dan tantangan praktik
keperawatan di rumah di Indonesia
|
Problem based learning
|
Ketepatan analisis; daya tarik;
komunikasi; kreativitas
|
Muarrofah
|
5%
|
14
|
UAS
|
20%
|
F.
Norma
Akademik
1.
Mahasiswa yang
yang terlambat lebih dari 15 menit tidak diijinkan mengikuti perkuliahan
2.
Mahasiswa wajib
berpakaian seragam dan bersepatu bebas rapi
3.
Tugas
diselesaikan dalam waktu satu minggu
4.
Keterlambatan
pengumpulan tugas selama satu hari, mendapatkan nilai sebesar 75%, dan
keterlambatan selama 2 hari mendapatkan nilai sebesar 50%. Keterlambatan lebih
dari 2 hari mendapatkan nilai 0%
5.
Kehadiran
kurang dari 90% tidak diperkenankan mengikuti ujian
G.
Bentuk
Tugas
1.
Tujuan Tugas
Mampu
menjelaskan dan menguraikan perawatan homecare untuk tiap masing-masing kasus.
2.
Uraian Tugas
a.
Obyek garapan
: perawatan yang dilakukan oleh perawat
homecare di rumah klien
b.
Yang harus
dikerjakan adalah membuat makalah dengan mendapatkan kasus sesuai dengan di
rencana pembelajaran
c.
Metode/ Cara
pengerjaan, acuan yang digunakan studi literature yang berkaitan yaitu Buku,
dan Jurnal serta internet
d.
Deskripsi
luaran tugas yang dihasilkan/ dikerjakan adalah hasil disajikan dalam bentuk
makalah minimal 15 halaman, ukuran kertas A4 dengan huruf Times New Roman
12 dengan spasi 1,5. Sampul warna Ungu.
3.
Kriteria
penilaian
a.
Nilai Tugas 60%
dengan uraian sebagai berikut:
1)
Ketepatan
makalah sesuai format : 15%
2)
Ketepatan dalam
konteks isi makalah :
15%
3)
Keaktifan
mahasiswa :
30%
b.
Nilai Ujian
Tengah Semester 20%
c.
Nilai Ujian
Akhir Semester 20%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar