Selasa, 09 November 2010

RPP HOMECARE 1



RANCANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN

Mata Kuliah                : Home Care (Perawatan di Rumah) 1
Beban Studi                : 2 SKS (100 Menit/ TM)
PJMK                          : Anin Wijayanti, S.Kep.,Ns.
Fasilitator                    : Anin Wijayanti, S. Kep.,Ns.
                                      Muarrofah, S. Kep.,Ns.
                                     
A.      Deskripsi Mata Kuliah
Home Care merupakan  suatu  pemberian pelayanan keperawatan di rumah dalam membantu memenuhi kebutuhan fisik sehari-hari, kebutuhan psikologis, kebutuhan sosial dan  kebutuhan spiritual dengan menekankan pada proses adaptasi sehingga klien dapat merawat dirinya dan mampu menggunakan koping yang efektif. Peran perawat dalam hal ini diantaranya, sebagai koordinator dalam pelayanan dan manajer kasus serta terlibat sejak rencana klien pulang atau discharge planning, lalu sebagai pendidik, advocat, manajer kasus dan support system bagi kilen dan keluarga.
Mata kuliah pilihan ini diberikan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan dalam bidang keperawatan  home care bagi mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan STIKES ICME Jombang, terutama tentang praktek mandiri perawat melalui entrepreneurship in home care. Diharapkan dengan adanya Mata kuliah tersebut akan semakin membuka wawasan mahasiswa tentang begitu luasnya kesempatan bagi  para lulusan perawat untuk bisa membuka praktek mandiri dan bekerja sama dengan profesi kesehatan lain melalui praktek home care. Hal ini mengingat  75% pasien berada di rumah dan sementara  jumlah lembaga pemberi service home care saat ini masih sangat sedikit. Hal ini menjadikan home care sebagai peluang bisnis yang sangat prospektif bagi perawat untuk menciptakan lapangan  pekerjaan sendiri.

B.       Tujuan Mata Kuliah
Setelah mengikuti proses pembelajaran keperawatan homecare mahasiswa S1  Keperawatan:
1.         Memiliki kemampuan dalam mengarahkan, menginisiasi, dan melaksanakan rencana asuhan keperawatan profesional di rumah sesuai kompetensi dan kewenangan dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan dan menjadikan etika profesi sebagai tuntunan dalam melakukan praktik profesional (Care provider).
2.         Memiliki kemampuan berkreasi dalam berkarya untuk suatu perubahan di komunitas dan di rumah dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat melalui kegiatan keperawatan dengan penekanan pada upaya health promotion dan health prevention (Community leader).
3.         Memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dalam memberikan pendidikan kesehatan kepada klien (individu, keluarga, masyarakat dan komunitas) dan tenaga keperawatan dibawah tanggung jawabnya (Educator).
4.         Memiliki kemampuan mewujudkan pelayanan primer sebagai mekanisme utama dan melakukan penataan praktik mandiri keperawatan melalui pengenalan praktik keperawatan profesional dekat dan terjangkau masyarakat (Manager).
a.         Memiliki kemampuan untuk menentukan kebutuhan asuhan keperawatan di rumah
b.        Memiliki kemampuan dalam mengelola untuk memenuhi kebutuhan asuhan klien
c.         Memiliki kemampuan dalam mengevaluasi hasil asuhan keperawatan homecare
5.         Memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian sederhana dengan mengidentifikasi bentuk dan sebab tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia, melalui analisis yang mendasar tentang hal-hal yang melatarbelakangi dan menganalisis berbagai upaya untuk mencapai kebutuhan dasar tersebut (Researcher).

C.      Bahan Kajian
1.         Pengenalan homecare
2.         Standart praktik keperawatan di rumah
3.         Standart professional perfomance
4.         Kompetensi perawat homecare
5.         Perawatan klien palliative care di rumah
6.         Perawatan klien dengan kasus medikal bedah di rumah
7.         Perawatan klien kasus maternitas dan anak di rumah
8.         Perawatan klien kasus gawat darurat di rumah
9.         Perawatan klien kasus kejiwaan di rumah
10.     Perawatan klien usia lanjut di rumah
11.     Perawatan kasus gangguan kesehatan keluarga dan masalah kesehatan komunitas di rumah
12.     Hambatan dan tantangan praktik keperawatan di rumah di Indonesia

D.      Kompetensi Mata Kuliah
1.         Kemampuan  memahami pengenalan homecare
2.         Kemampuan memahami standart praktik keperawatan di rumah
3.         Kemampuan memahami standart professional perfomance
4.         Kemampuan memahami kompetensi perawat homecare
5.         Kemampuan memahami perawatan klien palliative care di rumah
6.         Kemampuan memahami perawatan klien dengan kasus medikal bedah di rumah
7.         Kemampuan memahami perawatan klien kasus maternitas dan anak di rumah
8.         Kemampuan memahami perawatan klien kasus gawat darurat di rumah
9.         Kemampuan memahami perawatan klien kasus kejiwaan di rumah
10.     Kemampuan memahami perawatan klien usia lanjut di rumah
11.     Kemampuan memahami perawatan kasus gangguan kesehatan keluarga dan masalah kesehatan komunitas di rumah
12.     Kemampuan memahami hambatan dan tantangan praktik keperawatan di rumah di indonesia

E.       Daftar Pustaka
1.         Ali, Zainidin, H. 2001.Dasar-dasar Keperawatan Profesional.jakarta: Widya Medika
2.         Maryam, dkk. (2008). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika
3.         Nugroho Wahjudi H. (2008). Keperawatan Gerontik & Geriatrik. Edisi 3. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.
4.         Potter & Perry. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: EGC.
5.         Setyowati Sri dkk, 2008, Asuhan Keperawatan Keluarga Konsep Dan Aplikas kasus, Edisi Revisi, Mitra Cendikiaa, jogyakarta
6.         Smith, C.M & Maurer, F.A. (2000). Community Health Nursing: Theory and Practice. Philadelphia: W.B. Saunders Company.
7.         Sumijatu dkk, 2005, Konsep Dasar Keperawatn Komunitas, EGC, Jakarta
8.         Syamsudin, 2005. Makalah Seminar Alternatif Model Keperawatan Home Health Care. Akper Karya Bakti Nusantara Magelang : Magelang.
Depkes. (2003). Pedoman Perawatan Usia Lanjut di Rumah. Jakarta: Depkes RI.
9.         Zang, S.M & Bailey, N.C. Alih Bahasa Komalasari, R. (2004). Manual Perawatan dirumah (Home Care Manual) Edisi Terjemahan Cetakan I. Jakarta: EGC
10.     Zang, S.M & Bailey, N.C. Alih Bahasa Komalasari, R. (2004). Manual Perawatan di rumah (Home Care Manual) Edisi Terjemahan Cetakan I. Jakarta: EGC


RANCANGAN PEMBELAJARAN

Minggu
Kompetensi Yang Diharapkan
Materi Pembelajaran
Bentuk Pembelajaran
Kriteria Penilaian

Fasilitator
Bobot Nilai (%)
1
Pengenalan RPP
Penjelasan RPP
Diskusi
-
Anin Wijayanti
-
Kemampuan  memahami pengenalan homecare

Home care :
a.    Tujuan dan objective home care
b.    Jenis-jenis home care
c.    Cakupan home care
Review, small group discussion
Ketepatan analisis; daya tarik, komunikasi; critical thinking
Anin Wijayanti
5%
2
Kemampuan memahami standart praktik keperawatan di rumah

Standar praktik keperawatan di rumah :
a.    Pengkajian
b.    Diagnosis
c.    Perencanaan
d.   Implementasi
e.    Evaluasi
Case study
Ketepatan analisis; daya tarik, komunikasi; critical thinking
Anin Wijayanti
5%
3
Kemampuan memahami standart professional perfomance

Standard professional performance :
a.    Kualitas pelayanan
b.    Persiapan pendidikan
c.    Kolaborasi
d.   Ethics
Cooperative learning
Kebenaran/ keberhasilan model; kreativitas; daya tarik dan komunikasi
Anin Wijayanti
5%
4
Kemampuan memahami kompetensi perawat homecare

Kompetensi perawat home care:
a.    Kognitif
b.    Psikomotor
c.    Afektif
d.   Keefektifan dan efisiensi
Discovery learning
Ketepatan analisis; daya tarik; komunikasi; kreativitas
Anin Wijayanti
5%
5
Kemampuan memahami perawatan klien palliative care di rumah
Perawatan pasien palliative care di rumah
Discovery learning
Ketepatan analisis; daya tarik; komunikasi; kreativitas
Anin Wijayanti
5%
6
Kemampuan memahami perawatan klien dengan kasus medikal bedah di rumah
Perawatan bagi pasien dengan kasus medical bedah di rumah
Discovery learning
Ketepatan analisis; daya tarik; komunikasi; kreativitas
Anin Wijayanti
5%
7
UTS
20%
8
Kemampuan memahami perawatan klien kasus maternitas dan anak di rumah
Perawatan bagi pasien dengan kasus maternitas dan anak di rumah
Discovery learning
Ketepatan analisis; daya tarik; komunikasi; kreativitas
Muarrofah
5%
9
Kemampuan memahami perawatan klien kasus gawat darurat di rumah
Perawatan bagi pasien dengan kasus gawat darurat di rumah
Discovery learning
Ketepatan analisis; daya tarik; komunikasi; kreativitas
Muarrofah
5%
10
Kemampuan memahami perawatan klien kasus kejiwaan di rumah
Perawatan bagi pasien dengan kasus penyakit kejiwaan di rumah
Discovery learning
Ketepatan analisis; daya tarik; komunikasi; kreativitas
Muarrofah
5%
11
Kemampuan memahami perawatan klien usia lanjut di rumah
Perawatan bagi pasien usia lanjut di rumah

Discovery learning
Ketepatan analisis; daya tarik; komunikasi; kreativitas
Muarrofah
5%
12
Kemampuan memahami perawatan kasus gangguan kesehatan keluarga dan masalah kesehatan komunitas di rumah
Perawatan bagi pasien dengan kasus gangguan kesehatan keluarga dan masalah kesehatan komunitas di rumah
Discovery learning
Ketepatan analisis; daya tarik; komunikasi; kreativitas
Muarrofah
5%
13
Kemampuan memahami hambatan dan tantangan praktik keperawatan di rumah di indonesia
Hambatan dan tantangan praktik keperawatan di rumah di Indonesia
Problem based learning
Ketepatan analisis; daya tarik; komunikasi; kreativitas
Muarrofah
5%
14
UAS
20%



F.       Norma Akademik
1.         Mahasiswa yang yang terlambat lebih dari 15 menit tidak diijinkan mengikuti perkuliahan
2.         Mahasiswa wajib berpakaian seragam dan bersepatu bebas rapi
3.         Tugas diselesaikan dalam waktu satu minggu
4.         Keterlambatan pengumpulan tugas selama satu hari, mendapatkan nilai sebesar 75%, dan keterlambatan selama 2 hari mendapatkan nilai sebesar 50%. Keterlambatan lebih dari 2 hari mendapatkan nilai 0%
5.         Kehadiran kurang dari 90% tidak diperkenankan mengikuti ujian

G.      Bentuk Tugas
1.         Tujuan Tugas
Mampu menjelaskan dan menguraikan perawatan homecare untuk tiap masing-masing kasus.
2.         Uraian Tugas
a.         Obyek garapan :  perawatan yang dilakukan oleh perawat homecare di rumah klien
b.        Yang harus dikerjakan adalah membuat makalah dengan mendapatkan kasus sesuai dengan di rencana pembelajaran
c.         Metode/ Cara pengerjaan, acuan yang digunakan studi literature yang berkaitan yaitu Buku, dan Jurnal serta internet
d.        Deskripsi luaran tugas yang dihasilkan/ dikerjakan adalah hasil disajikan dalam bentuk makalah minimal 15 halaman, ukuran kertas A4 dengan huruf Times New Roman 12 dengan spasi 1,5. Sampul warna Ungu.
3.         Kriteria penilaian
a.         Nilai Tugas 60% dengan uraian sebagai berikut:
1)   Ketepatan makalah sesuai format                                         : 15%
2)   Ketepatan dalam konteks isi makalah                                   : 15%
3)   Keaktifan mahasiswa                                                            : 30%
b.        Nilai Ujian Tengah Semester 20%
c.         Nilai Ujian Akhir Semester 20%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar